Interviu Bersama fizzydive: Dengung Harapan dalam Seia Sekata 

Interviu Bersama fizzydive: Dengung Harapan dalam Seia Sekata 

PIKIRAN ini masih mengingat tentang impresi dari pertemuan tak disengaja dalam salah satu festival bergengsi Ibukota. Waktu itu, ditemani lalu-lalang suara langkah kaki manusia dengan kesibukkannya datanglah Arif, pria yang merupakan store manajer dari PHR (Piringan Hitam Records) bersama dengan adiknya jenama Ferdian Yuren, ia merupakan pembetot dari band asal Bandung (Under The Big Bright Yellow Sun dan Themilo). Setelah beberapa kalimat basa-basi akhirnya terjadilah obrolan yang dirasa cukup menarik.

Gue juga baru saja bikin band, namanya fizzydive, bareng si Iqbal vokalis dari Ikkubaru dan drummernya coba tebak… sama Mawang,” ucap Ferdi dengan tertawa kecil.

Tanpa pikir panjang, penulis pun mengajukan izin untuk mewawancarai fizzydive saat itu juga. Walaupun masih berumur jagung, namun fizzydive berisikan nama-nama yang tak asing di skena musik Bandung Raya, Iqbal bersama Ikkubaru, Ezza bersama Pure Saturday, Ferdian bersama Under The Big Bright Yellow Sun, dan Mawang (kalau belum akrab coba di google).

Keempat pemikiran tersebut berhasil disatukan oleh selera musik yang selaras. Shoegaze menjadi benang merah bagi fizzydive, suara kencang dengan riff yang panjang dan berdengung tentu akrab dengan musik yang dibawakan. Koheren dengan gelombang distorsi serta riuh efek feedback.

Sebagai perkenalan, fizzydive mengeluarkan debut single berjudul ‘Wish’ di akhir September 2022 kemarin. Iqbal selaku penulis lirik mengungkapkan arti dari lagu Wish ini.

Kita kadang tahun, bahkan mungkin tidak pernah tahu sama sekali tentang dinamika hidup yang dijalani. Terkadang kita berada di atas dan kadang di bawah, lalu tenggelam dan bisa bangkit lagi. Terus berulang, jalan hidup ini rasa-rasanya hanya bisa diselamatkan oleh harapan, sikap dan rasa bersyukur,” jelas Iqbal seperti dikutip dari ozradio.id.

Tak berhenti di harapan tersebut, fizzydive tengah memulai katarsis musiknya sampai detik ini. ku·mi·usik berkesempatan untuk mewawancarai Iqbal dari fizzydive pada 21 Oktober 2022.

ku·mi·usik:  Bisa perkenalkan bandmu?

M Iqbal: Iqbal (Gitar, Vokal), Ezza (Gitar), Didi (Bass), Mawang (Drum).

ku·mi·usik:  Musik apa yang dimainkan oleh fizzydive?

M Iqbal: Dreampop dan sedikit shoegaze.

ku·mi·usik:  Bagaimana proses bertemu dengan para personel sampai memutuskan untuk membentuk fizzydive?

M Iqbal: Awalnya dari antusiasme terhadap pedal efek gitar dan kebetulan menemukan irisan dari selera musik, Ezza mengajak Iqbal dan juga Didi dan Mawang menjadi sebuah unit dreampop yang bernama fizzydive.

ku·mi·usik:  Bagaimana proses pembuatan lagu di fizzydive?

M Iqbal: Masing-masing player (biasanya Iqbal atau Ezza) mengirim materi yang hampir jadi ter-produce pada DAW di komputer masing-masing, lalu melakukan briefing dan juga latihan, hingga akhirnya berujung di studio rekaman.

ku·mi·usik:  Lalu, apa yang dibicarakan dalam lirik di setiap lagunya?

M Iqbal: Saya seringnya ‘mengkulik’ tentang manusia, sifatnya dan kehidupannya.

ku·mi·usik:  Mengapa memilih nama ‘fizzydive’?

M Iqbal: Karena awalnya ada unsur “FUZZ” yang akhirnya diganti jadi “Fizzy” agar terdengar lebih lembut, dan juga “Dive” karena salah satu band favorite kita adalah slowdive.

ku·mi·usik:  Pertanyaan klise, kalian anggap apa proyek ‘fizzydive’ ini? Apakah hanya untuk bersenang-senang atau lainnya?

M Iqbal: Kita ingin menyalurkan  materi-materi yang tidak bisa kami garap pada band kami yang lainnya.

ku·mi·usik:  Bagi orang yang belum pernah mendengarkan fizzydive, apakah ada beberapa band yang bisa direkomendasikan untuk menjadi patokan dari musik yang kalian mainkan?

M Iqbal: Slowdive, Airiel, Hammock, Ride

ku·mi·usik:  Setelah satu single, akan ada proyek terbaru apa dari ‘fizzydive’?

M Iqbal: Akan rilis single kedua dan setelah itu rilis EP pertama kita.

ku·mi·usik:  Terakhir, dalam beberapa tahun ke depan apa yang kalian lihat dari proyek ‘fizzydive’ ini?

M Iqbal: Merilis full album, mungkin masuk kompilasi shogaze & dreampop dan juga tampil di festival-festival besar.

Mungkin hanya sedikit ini saja informasi yang bisa gue bagikan tentang fizzydive, jangan lupa share dan comment ya kawan-kawan.


Kontak.

Instagram      : https://www.instagram.com/fizzydive/

Penulis: febrian adi

part-time music enthusiast. full-time human.

Tinggalkan komentar